Headlines News :
Home » , » Taman Nasional Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Taman Nasional Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Written By Unknown on 7 Jul 2013 | 13.32

Taman Nasional: Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang terkenal dengan kepadatan penduduknya, ternyata masih terdapat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Secara Administratif, Taman Nasional Kepulauan Seribu terdapat di DKI Jakarta Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Taman Nasional ini merupakan gugusan pulau yang mencakup 78 pulau, yang terbentuk di atas koloni binatang karang yang sudah mati. Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia. Secara geografis, Taman Nasional ini terletak pada 5°24’ - 5°45’ LS, 106°25’ - 106°40’ BT' dan mencakup luas 107.489 hektar (SK Menteri Kehutanan Nomor 6310/Kpts-II/2002).

Ekosistem terumbu karang yang terdapat di perairan Taman Nasional Kepulauan Seribu pada umumnya berbentuk fringing reef (karang tepian) dengan kedalaman 1 - 20 meter. Berbagai moda transportasi telah disediakan oleh Pemerintah DKI Jakarta/Organda/Masyarakat untuk menuju lokasi Taman Nasional ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Reguler, dengan menggunakan:
  1. Ojeg kapal rakyat, jalur Muara Angke - Pulau Pramuka PP jam 6.30 wib.
  2. Ojeg tingkat/Mariska, jalur Muara Angke - Pulau Pramuka PP jam 8.00 wib.
  3. Speed Boad SEPA ( reservasi 2 hari sebelumnya di cafe Marina Ancol), dari Marina Ancol jam 14.00 wib.
  4. Speed Boad Trans Jakarta (KM Lumba-lumba), Marina - Ancol Pulau Pramuka jam 8.00 wib.
Keindahan alam Kepulauan Seribu yang khas yaitu keindahan alam laut dengan ekosistem karang yang unik seperti terumbu karang, ikan hias dan ikan konsumsi, echinodermata, crustacea, molusca, penyu, tumbuhan laut dan darat, mangrove, padang lamun, dan lain-lain. Selain itu, fauna yang terdapat di dalamnya terdapat Lumba-lumba hidung botol, Penyu sisik, Penyu hijau, Camar laut, Raja udang, Elong bondol dan sebagainya.

Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu ini sangat berpotensi untuk dikembangkan mengingat letaknya sangat berdekatan dengan Ibu Kota Negara Indonesia, Jakarta. Selain itu, keindahan alam yang masih alami dan budaya masyarakat lokal sesungguhnya dapat menjadi daya tarik wisata.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Taman Nasional Indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger