Headlines News :
Home » , » Taman Nasional Wasur Provinsi Papua

Taman Nasional Wasur Provinsi Papua

Written By Unknown on 9 Jul 2013 | 23.57

Taman Nasional: Taman Nasional Wasur yang terdapat di Kabupaten Asmat, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Waropen Provinsi Papua merupakan bagian dari lahan basah terbesar di papua. Menurut data dari Ditjen PHKA-Kementerian Kehutanan, Taman Nasional Wasur memiliki luas 413.810 hektar.

Sekitar 70% dari luas wilayah Taman Nasional Wasur terdiri dari sabana, sementara vegetasi lainnya merupakan hutan rawa-rawa, hutan monsoon, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan hutan sagu. Tamana yang dominan meliputi spesies mangrove, Terminalia dan Melaleuca. Dalam kawasan Wasur tersebut juga di dapat berbagai tumbuhan langka lainnya seperti: api-api (Avicennia sp), tancang (Bruguiera sp), ketapang (Terminalia sp), dan kayu putih (Melaleuca sp), dan sebagainya.


Atraksi wisata yang dapat ditemui dalam kawasan ini dimana terdapat berbagai jenis fauna langka, seperti Kanguru lapang, Kanguru hutan, Kanguru bus, Landak irian, Tikus berkantung, Kucing berkantung, Burung garuda irian, Cendrawasih, Kakak tua, Mambruk, Kasuari, jenis burung migran, dan lain-lain. Keindahan pemandangan alam basah yang relatif masih terjaga dan alami, serta terdapat beberapa air terjun dan goa tengkorak di dalam kawasan Taman Nasional Wasur ini.

Aksebilitas yang dapat ditempuh ke lokasi Taman Nasional Wasur ini adalah dapat di tempuh melalui; Jayapura-Merauke dengan pesawat terbang dengan jarak tempuh 1 hingga 1,5 jam penerbangan. Selain melalui udara juga dapat ditempuh melalui darat dengan menaiki Trans Irian dari: Jayapura-Taman Nasional dengan jarak 9-85 km dengan waktu 1 hingga 2 jam perjalanan. Budaya kehidupan masyarakat dalam kawasan ini adalah budaya Suku Marin, Suku Kanum, Suku Marori-Men Gey. (tni.blog)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Taman Nasional Indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger