Headlines News :
Home » , » Taman Nasional Lorentz Provinsi Papua

Taman Nasional Lorentz Provinsi Papua

Written By Unknown on 8 Jul 2013 | 17.10

Taman Nasional: Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu dati tiga kawasan di Dunia yang memiliki gletser di daerag tropis dengan luas wilayah 2.505.600 hektar.  Menurut sumber (wikipedia), pada 1999 Taman Nasional Lorentz diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Nasional ini terletak di Kabupaten Asmat, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayawijaya, dan Kabupaten Puncak Jawa Provinsi Papua. Dalam Taman Nasional ini terdapat Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz, yang merupakan inisistif dari masyarakat setempat untuk konservasi dan menjaga warisan ekologi yang terdapat dalam Taman Nasional Lorentz Provinsi Papua.

Keaneka ragaman satwa yang terdapat dalam Taman Nasional ini adalah jenis burung yang merupakan ciri khas Taman Nasional Lorentz ini yaitu: ada 2 jenis kasuari, 4 megapoda, 31 jenis merpati, 30 jenis kakatua, 13 jenis burung udang, 29 jenis burung madu, dan 20 jenis endemik diantaranya cendrawasih ekor panjang (paradigalla caruneulata) dan puyuh salju (anurophasis monorthonyx), dan sebagainya.

Selain itu, dalam Taman Nasional ini pengunjung juga dapat menikmati berbagai atraksi wisata alam dengan berbagai jenis fauna seperti: Kanguru pohon, Tikus raksasa, Landak irian, Cendrawasih,Ifrita topi biru dan sebagainya. Keindahan alam pegunungan yang masih alami dalam kawasan ini sangat layak untuk dinikmati dengan berbagai keunikan yang ditawarkan.

Ditambah dengan budaya masyarakat setempat yang masih terjaga dan terpelihara, sehingga kawasan Taman Nasional Lorentz ini menjadi salah satu kawasan objek wisata yang ahir-ahir ini mendapat perhatian bagi para wisatawan. Budaya yang terdapat pada kawasan ini adalah, Adat Suku Nduga, Dani barat, Amungme, Sempan, Asmat dan lain-lain.

Aksebilitas yang dapat dicapai ke Taman Nasional ini adalah melalui; Timika, Nabire, Enarotali, Wamena, Maroke, Mulia, dimana dari kota-kota tersebut dapat dijangkau dengan transportasi udara dari Jayapura dengan waktu tempuh 1 hingga 2 jam penerbangan.
Share this article :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Tempatnya bagus kak, wao papua banyak wisatanya salah satunya
Taman Nasional Lorentz

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Taman Nasional Indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger